Uncategorized

Pengalaman diterima sebagai mitra Google AdSense Non Hosted

Akun anda telah disetujui sepenuhnya, kalimat ini sebagai pembuka email yang saya terima sehubungan dengan pendaftaran Google Adsense yang sebenlumnya saya daftarkan, email dari adsense-noreply@google.com yang saya terima pada tanggal 29 Maret 2018, yang menandakan Google telah menyetujui akun saya sebagai mitra Google AdSense Non Hosted.

Sebenarnya saya tidak terlalu menggebu masalah Google Adsense karena memang saya tidak mempunyai keahlian khusus dalam dunia Blogger, sehingga tidak terlalu berharap dari penghasilan blog, semua berawal dari tahun 2011 ketika saya mengenal blogger, menulis dalam blog untuk mengisi waktu luang sebagai catatan pribadi yang berdasarkan referensi.

Ketika memahami struktur template Blogger / Blogspot, saya memahami bahwa membuat Template Blogger bukan hanya sekedar nulis HTML dan dibuat cantik dengan CSS, melainkan salah satu tujuan utama bagaimana cara pengoptimalisasian pada mesin pencari atau yang sering dikenal dalam dunia blogger dengan istilah SEO (Search Engine Optimization).

Ketika mengetahui tata cara penulisan artikel yang baik pada blogger, saat itu saya memahami bobot tulisan saya yang ternyata dianggap Search Engine sebagai copy paste atau plagiat (Plagiarisme), walau sebenarnya saya menulis tanpa melakukan copy paste, karena ketika menulis artikel hukum saya memerlukan referensi berupa Pasal, Pendapat Ahli, atau Cuplikan Artikel yang tidak boleh dipotong agar tidak beda penafsiran Hukum. Jadi membuat artikel blog disamping memahami etika penulisan yang baik, juga memerlukan pemahaman bagaimana agar sebuah tulisan mudah ditemukan orang lain ketika mengetikkan kata kunci pencarian dalam Search Engine.

Setelah lama menggunakan domain gratis blogger, pada bulan Maret tahun 2018 saya mendafatarkan blog ini dengan Domain TLD yaitu fianhar.com , dengan pertimbangan utama bahwa domain TLD mudah diingat, singkat, dan tentunya membuat traffic blog lebih baik.

Jika ingin mengikuti langkah pengalaman saya bagaimana cara agar akun diterima Google AdSense Non Hosted, pertimbangkan langkah saya berikut :

1. Konten / Isi tulisan Artikel harus Original/Uniqe

Google tidak akan menerima Adsense jika Content / isi tulisan kita tidak uniqe, hasil copy paste / plagiat (Plagiarisme). Untuk melakukan pengecekan kita dapat melihatnya melalui plagiarism checker pada Copyscape.com atau SmallSEOTools.

Setelah artikel / tulisan anda sudah benar dan tidak Plagiarisme, selanjutnya pada blog anda tambahkan laman Privacy Policy, Dislaimer, Kontak, About dan Terms of Service.

Catatan → Untuk blog dengan tema Hukum (seperti fianhar.com yang saya kelola) harus lebih hati-hati dalam menulis artikel, khususnya ketika menulis sebuah artikel yang mengharuskan menulis banyak referensi atau Pasal atau Undang-undang atau Pendapat Ahli. Karena menurut saya menulis artikel pada blog berbeda menulis pada buku, setiap kita menulis ulang persis sebuah undang-undang atau pendapat ahli maka Artikel blog kita akan terdeteksi sebagai artikel copy paste / plagiat (Plagiarisme). 

2. Template Blogger Ringan

Saya menggunakan template FreshOptimz Premium karya wiBlogger.com (dengan sedikit penyesuaian sesuai selera), sebenarnya template ini sudah mempunyai kelebihan Kriteria Desain Web yang SEO Friendly, Responsive, dan Easy AdSense Implementation (Template Control Panel Adsense → Memudahkan pengelola blog memasang Iklan AdSense tanpa harus Parse).

Jika tidak ingin membeli Versi Premium, silahkan coba menggunakan FreshOptimz Versi Geratis yang dapat didownload langsung pada wiBlogger.com, sudah diseratkan cara install dan penulisan artikel.

3. Daftarkan Blog pada Top Lavel Domain (TLD)

Untuk yang satu ini saya mempercayakan Niaga Hoster sebagai menggelola domain fianhar.com, cukup mengeluarkan Rp 115.000 setelah diskon hanya Rp 105.000 sudah mendapatkan domain.COM dengan kelebihan DNS Management dan Full Controll akses ke Domain Manager.

DNS Management merupakan fitur untuk mengatur DNS records domain, anda dapat menambah A, CNAME, MX Records langsung dari client area, sehingga anda dapat menambahkan subdomain blogger tanpa Hosting.

Untuk cara custom /install domain blogger sangat gampang dan mudah → Custom Domain Blogspot di Member Area Niaga Hoster.

Kesimpulan :
Template sebagai ibarat toko, Artikel sebagai barang dagangan, dan Search Engine sebagai sarana penjualan.
Ketika tampilan toko menarik dan ditambah sarana yang baik maka toko akan banyak pengunjung yang hanya sekedar melihat atau membeli barang dagangan (berkunjung atau membaca artikel), artikel sebagai barang dagangan juga harus mempunyai mutu yang baik agar banyak pelanggan. Apa jadinya jika tampilan sebuah toko tidak menarik, barang yang dijual tidak bermutu, dan tidak menggunakan sarana promosi yang baik ?

Sudah siap, daftarkan langsung ke https://www.google.com/adsense, pastikan blog anda sudah terindeks Search Engine dengan posting setidaknya 30-100 artikel uniqe.
Jangan mendaftarkan blog yang baru dibuat.
Semoga beruntung !

Penghasilan AdSense pada blog ini sebenarnya sangat kecil , tetapi nilai kepuasan saya bukan dinilai dari hasil AdSense Blog, melainkan ketika saya dapat menulis tentang hukum atau blogger dengan gaya bahasa ringan dari berbagai referensi, lalu dapat bermanfaat bagi orang lain.

Update : 10/10/2018

Tidak menerima kode PIN google AdSense, pembayaran Google AdSense ditangguhkan

Kode PIN google berisi 6 digit yang akan dikirim google adsense dalam bentuk surat melalui POS ke alamat rumah pemilik akun google adsense atau alamat rumah publisher google adsense, PIN digunakan untuk verifikasi alamat rumah dengan cara submit atau dimasukan melalui fasilitas input kode PIN pada google adsense.

Katika buka akun AdSense ada pemberitahuan “Pembayaran Anda saat ini ditangguhkan karena Anda belum memverifikasi alamat.“, tulisan ini yang buat pemilik akun jadi galau.

Akun PIN Google AdSense yang digunakan untuk memverifikasi alamat tidak sampai ke alamat rumah saya, entah nyasar kemana atau sampai kemana …. jika tidak dapat verifikasi PIN udah siap-siap aja penayangan iklan akan ditangguhkan.

Update : 22/10/2018

Verifikasi PIN Google Adsense Menggunakan KTP dan Verifikasi Rekening Bank Pembayaran

Menggugah rasa penasaran tentang google Adsense ini saya mencoba terus bagaimana cara agar dapat lakukan verifikasi alamat, setelah mencoba dengan mengirim ulang PIN ke alamat tetapi tidak menerima juga, selanjutnya saya melakukan verifikasi melalui “formulir” yang disediakan google dengan melampirkan hasil scan KTP (sesuai identitas akun) untuk memenuhi persyaratan verifikasi alamat untuk AdSense.

Tampilan pada Google AdSense, setelah mengirim Scan KTP
Tampilan pada Google AdSense, setelah mengirim Scan KTP

Selanjutnya saya mendapat balasan dan kesokan harinya saya tidak lagi memlihat notifikasi permmintaan Verifikasi dan juga tidak lagi diminta untuk Verifikasi alamat, selanjutnya diminta untuk memasukkan nama Bank dan nomor rekening sesuai nama akun, saya menggunakan Rekening Bank Negara Indonesia (BNI), tetapi rekening ini tidak dapat langsung digunakan tetapi kita harus memverifikasi rekening bank ini sebelum dapat menggunakan, Verifikasi rekening bank dapat dilakukan dengan setelah 3-3 hari mendapat email pemberitahuan, lakukan print buku tabungan kemudian temukan setoran percobaan dalam jumlah kecil dari (jika pakai IDR nominalnya dibawah Rp.1000 rupiah), lalu masukkan jumlah tersebut di Google untuk lakukan Verifikasi rekening.

Jika Verifikasi rekening berhasil maka kita akan mendapat email dari Google Payments, yang berisikan pemberitahuan bahwa rekening bank telah diverifikasi, sehingga kita dapat mulai melakukan dan menerima pembayaran dari rekening bank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button